Problem NOD32 versi 3.x dengan Local host


Problem NOD32 dengan Local host

Sudah beberapa tahun saya mempercayakan NOD32 untuk melindungi notebook dan PC yang saya pergunakan dari serangan virus. Namun, upgrade NOD32 dari versi 2.x menjadi 3.x ini rupanya sedikit membuat ulah. Alamat webserver local yakni localhost menjadi tidak dikenal oleh sistem . Tetapi saya heran karena sistem tetap mengenal webserver local melalui loopback address (127.0.0.1). Setelah cari sana sini, akhirnya solusi didapat juga dan sekarang sistem kembali mengenal localhost sebagai webserver local.

Bagi mereka yang mengalami hal serupa, solusinya mudah. Pertama, buka file host (biasanya terletak di direktori/folder Windows\System32\Drivers\etc\host). Edit host dengan notepad lalu hilangkan (hapus) baris terakhir yang bertulis :
1 localhost. 127.0.0.1

Simpan dan selesai, localhost akan kembali dikenal oleh sistem sebagai alamat webserver local.

Bagi yang menggunakan Windows Vista, buka notepad atau editor lainnya untuk mengedit file host sebagai Administrator yakni dengan meng-klik kanan notepad dan pilih Run as Administrator

Sebenarnya, 127.0.0.1 localhost itu apa ya? . Kalau tidak salah, ini adalah bagian dari implementasi IPv6. Ada yang tahu?

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s