Cara koneksi peer to peer laptop (ADHOC CONNECTION)


Adhoc Peer to peer (Wireless without Access Point node)

Untuk koneksi peer to peer atau dikenal sebagai Adhoc. Hal penting yang perlu dipersiapkan adalah :

Pada contoh dibawah ini digunakan setup melalui Zero Configuration Windows, pada Adhoc mode sebuah nama network atau SSID nantinya digunakan untuk 2 computer agar dapat saling berhubungan. Pada step pertama setting computer 1, anda tidak perlu memikirkan apakah ada tanda tanda network sudah bekerja. Ikut saja langkah seperti First Step dibawah ini. Karena 2 computer dengan koneksi Adhoc, Network baru bisa bekerja bila terdapat 2 computer dalam keadaan hidup. Satu computer memegang sebuah nama SSID, dan computer ke 2 yang melihat atau mendengar broadcast dari computer pertama agar dapat bersatu kedalam network.

First Step ; Computer 1

Salah satu computer yang ingin melakukan link, harus terlebih dahulu memiliki nama SSID. Pada gambar dibawah ini diberikan nama sebuah computer dengan SSID “comp1″.

Click bagian network wireless paling kanan bawah windows dan akan ditampilkan kondisi network dalam keadaan tidak ada koneksi untuk wireless network

Masuk ke bagian advanced, maka akan tampil Wireless Network Connection. Click Advanced dan pindahkan koneksi untuk ADHOC – computer to computer, dan click close

Tahap selanjutnya , masuk dan click di bagian Add. Maka akan tampil Wireless network properties. Berikan nama SSID misalnya “comp1″ dan click OK.

Selanjutnya tutup setting Wireless Network Connection. Biarkan setting tersebut dan anda dapat memulai melakukan setting di computer lain. Pada kondisi Adhoc mode, komputer pertama menunggu keberadaan computer lain untuk masuk kedalam network yang dibuat.

Second Step ; Computer 2

Click pada bagian layar Windows paling kanan bawah untuk koneksi Wireless. Bila kondisi setup Network anda mengunakan Infrastructure, maka tidak akan ditampilkan apapun pada layar. Masuk kebagian Advance dan akan tampil pada gambar dibawah ini. Pastikan anda mengunakan koneksi Adhoc dengan mengclick untuk setting Advanced. Bila masih pada mode Infrastructure, pindahkan ke mode Adhoc.

Bila setting ini ini berjalan benar atau dalam Adhoc mode, maka computer kedua akan menampilkan satu broadcast atau satu nama SSID “comp1″ dari computer pertama dan anda sudah dapat melakukan link ke computer pertama dengan mengclick “Use Windows to Configure my wireless network setting”. Dan computer akan siap untuk saling berhubungan.

Pada gambar dibawah , setelah anda melakukan setting Adhoc pada compute kedua. Tampilan pada icon sudah menunjukan koneksi peer to peer. Dan network sudah siap digunakan untuk koneksi computer tama dan kedua.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s