Instalasi SQL Server 2005 Enterprise Edition 32-bit di Windows


Mumpung masih seger di ingatan, jadi saya mau sedikit membahas cara instalasi SQL Server 2005 Enterprise Edition 32-bit edition, karena proses instalasi yang baik (clean installation) merupakan sebuah kemampuan yang mendukung pekerjaan kita. Ok, pertama-tama kita harus tahu terlebih dulu OS yang compatible untuk aplikasi ini.

Berikut adalah daftar OS yang compatible untuk melanjutkan proses instalasi :

– Windows Server 2003 Standard/Enterprise/Datacenter Edition SP1

– Windows  Small Business Server 2003 Standard/Premium Edition SP1

– Windows 2000 Server SP4

– Windows 2000 Advanced Server SP4

– Windows 2000 Datacenter Server SP4

– Windows XP Professional Edition SP2

Kemudian, minimum hardware requirement yang dibutuhkan untuk proses instalasi :

–  Processor 600 Mhz, 1Ghz keatas lebih direkomendasi.

– Memory 512 Mb (minimum)

– Hard disk space : 350 Mb dan tambahan 425 Mb untuk instalasi SQL Server Books Online, Sample Databases, dan Sample Code

Nah, setelah mengidentifikasi kebutuhan OS dan hardware, maka proses instalasi dapat dilanjutkan.

1. Pertama-tama masukkan cd SQL Server 2005 Enterprise Edition, dan pilih proses instalasi

2. Pada halaman Installing Prerequisites Page, tekan tombol next.

3. Pada halaman Welcome to the Next Installation Wizard juga tekan tombol next.

4. Setelah ini, SQL Server akan mencek system configuration pada komputer Anda, dan menunjukkan komponen apa saja yang sudah ada dan belum ada untuk meneruskan proses instalasi. Jika ada komponen yang menunjukkan status warning, coba dicek terlebih dulu apa penyebabnya dan apa nama komponennya, mungkin Anda belum mengaktifkan component Windows tersebut.

5.  Jika sudah selesai, maka Anda dapat meneruskan proses instalasi dengan menekan tombol next.

6. Isikan nama Anda dan nama perusahaan Anda di halaman berikutnya, jika sudah tekan tombol next.

7. Pilih komponen yang ingin Anda install di halaman ini. Integration Service merupakan fitur baru di SQL Server 2005 yang menawarkan banyak keuntungan dan kemudahan administrasi database. Jika Anda ingin bereksplorasi, aktifkan semua komponen. Kemudian pilih menu Advanced untuk menginstall sample databases, SQL Server Books Online, dan Sample Codes. Setelah konfigurasi selesai dilakukan, tekan tombol next.

8. Di halaman berikutnya pilih default instances untuk Instances Name Anda. Untuk catatan, Anda dapat menginstall lebih dari 1 instances, tapi untuk instalasi pertama kali, Anda harus menginstall default instances ini. Instances dapat diumpamakan sebagai server baru. Anda dapat mengaktifkan instances baru untuk masalah kompatibilitas dengan SQL Server edisi sebelumnya, testing software, dll. Tekan tombol next setelah selesai.

9.  Pada halaman Service Accounts, pilih Local System, kemudian pilih tombol next.

10. Pada halaman ini, Anda harus memilih mode autentikasi yang ingin Anda gunakan. Bagi Anda yang baru pertama kali mencoba aplikasi ini, sebaiknya Anda pilih Windows Authentication Mode terlebih saja. setelah selesai, tekan tombol next.

11. Pada halaman Collation Settings, Anda dapat memilih mode collation yang ingin Anda gunakan. Untuk default, SQL Server akan menggunakan incase-sensitive,inaccent sensitive, dan sebagainya. Tekan tombol next jika sudah selesai.

12. Pada bagian error report pilih bagaimana sikap Anda jika ada error pada SQL Server 2005, tekan tombol next jika sudah selesai.

13. Jika sudah mencapai tahap ini, berarti Anda sudah siap menginstall SQL Server 2005. Anda akan diberikan review konfigurasi yang telah Anda pilih sebelumnya di halaman ini. Tekan tombol install jika sudah selesai.

14. Setelah selesai. Klik tombol finish.

Yap itu tadi step-by-step proses instalasi SQL Server 2005. Untuk berikutnya, Anda dapat menyesuaikan proses instalasi sesuai kebutuhan Anda. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s