NGINX + PHP5-FPM


Murah, tak berarti murahan, simple tak berarti kacangan. Inilah kesan yang saya dapat sewaktu mengimplementasikan system web server kelas enterprise plus fitur HD Streaming dengan page view menurut analitic google mencapai 12juta dan terus tumbuh serta kunjungan hingga 3juta dan terus tumbuh.

Server ini saya tanam menggunakan NGINX (baca1: engine x) (baca2: nging) dan PHP5-FPM, meskipun aplikasi webnya belum sepenuhnya applicable, namun kesan pertama saat pengetesan kecepatan menggunakan beberapa tools offline-online mengindikasikan hasil yang sangat memuaskan.

Nginx sendiri sebenarnya bukan pemain lama untuk kelas web server, tapi banyak testimoni yang menggiring pilihan saya untuk menggunakan web server ini ditambah PHP5 dengan modus jalan FPM (FastCGI Process Manager).

Nginx sendiri adalah web server opensource dan free, sehingga bisa di sebut murah, tapi tidak murahan mengingat banyaknya testimoni pengguna web server ini mengacungkan jempol lebih dari satu dan digunakan dibanyak web server dengan kunjungan tinggi.

Nginx juga sangat simple, baik itu dari sisi instalasi, konfigurasi maupun pemeliharaan setting. Tapi web server ini bukan web server kelas kacangan. Web server ini kaya dengan fitur layaknya web server lain, bahkan untuk kelas pemain baru, termasuk lebih lengkap.

Hampir banyak fitur yang tertanam dan cenderung fitur yang tersedia mirip dengan Apache yang sudah lebih awal populer dan penuh dengan modulasi fitur. Ini artinya, jika System Administrator hendak beralih web server, bisa menggunakan Nginx ini yang secara fitur tidak jauh berbeda. Tapi tetap, web server ini begitu ringan dan tidak banyak memakan resource memory.

Ini hanya sebuah testimoni saya tentang nginx, tentu saja saya mengunggulkan nginx dengan php5-fpm karena saya sudah mengimplementasikannya, apache sendiri tetap berjalan di beberapa server yang saya kelola, namun demikian, bagi saya ini hanya sebuah testomoni dan saya tidak akan membandingkan head to head antar web server.

Semoga bermanfaat…

Tinggalkan Balasan

